Sabtu, 18 Februari 2012

Zertifikat Deutsch B1

Diposting oleh dea dini di Sabtu, Februari 18, 2012
As we know..
ZD ( Zertifikat Deutsch) B1 adalah sertifikat bukti penguasaan bahasa Jerman di tingkat B1. Dalam penguasaan bahasa Jerman terdiri dari 6 tingkat, yaitu :

A1-A2 = beginer
B1-B2 = medium
C1-C2 = "master"

Di tingkat A1-A2 para siswa cuman harus menguasai bahasa Jerman dari basicnya aja. Jadi belum sampai ke grammatik yang super melimpah dan bikin bingung melajarinnya. Sedangkan tingkat B1-B2 adalah tingkat menengah yang memang beda jauh sama A1-A2. Di B1-B2 ini grammatikalnya lebih rumit dan banyak kosakata yang pastinya belum kita ketahui. Saat ini saya sedang dalam proses menghadapi B1 dan mati-matian belajarnya. Karena untuk kuliah di Jerman minimal kita harus lulus ujian B1. Keren kaaan? Keren nggak? Kalo tau B1 aslinya seperti apa pasti kalian bakal syok deh. Apalagi buat orang awam yang masih mau A1. "Ini bahasa planet mana? Ato mungkin bahasa Austronesia yang telah punah?". Hahaha..

Dalam ujian B1 ini terdiri dari LIMA kriteria yang harus dijalani. Atau bisa kita sebut dengan "Bewertung des Zertifikats Deutsch" yang artinya Kriteria Penilaian Sertifikat Bahasa Jerman. Terbagi atas Schriftliche Prüfung (tulis) dan Mündliche Prüfung (berbicara).

Schriftliche Prüfung :

  • Leseverstehen          : Teil 1            25 Punkte
                                                 Teil 2            25 Punkte
                                                 Teil 3            25 Punkte
  • Sprachbausteine       : Teil 1           15 Punkte
                                                  Teil 2           15 Punkte
  • Hörverstehen             : Teil 1           25 Punkte

                                                  Teil 2           25 Punkte
                                                  Teil 3           25 Punkte
  • Schriftlicher Ausdruck                    45 Punkte
                                                 Insgesamt  225 Punkte

Mündliche Prüfung
                                                  Teil 1            15 Punkte                  
                                                  Teil 2            30 Punkte
                                                  Teil 3            30 Punkte
                                             Insgesamt        75  Punkte

                               Gesamtpunktzahl       300 Punkte                                 

Nah, sekarang udah tau kan kriteria penilaiannya kayak gimana?? Sekarang kategori total nilai yang sudah diraih.
300 - 270            sehr gut
269,5 - 240         gut
239,5 - 210         befriedigend
209,5 - 180         ausreichend

OMG!

Bagaimana? Cukup mengerikan bukan?? Saya pun juga mual-mual ngebaca Bewertungnya! Tujuan utama saya untuk mendapatkan beasiswa Studkol adalah sehr gut!! Hoffentlich klappt das! Berhubung B1 itu tingkatannya sudah lebih tinggi dari A1-A2 dan malah 100% contrast banget, jarang saya mendengar temen-temen saya yang ujiannya dapet sehr gut. Hanya satu yang waktu kita lagi di Jerman temen saya yang satu ini ujiannya dapet sehr gut! Waktu itu saya masih tingkat A2. Namanya Ingrid anak South Africa dan memang saya akui dia sangat amat rajin dan semangat dan antusias banget sama yang namanya bahasa Jerman. Anaknya juga baik dan ramah. Ingrid.. I want to get the best score like you too! Hahaha. 

Temen-temen saya yang lain dari Indonesia juga udah pada selesai ujian B1. Cuman masih belum tahu hasilnya kaya gimana. Denger-denger dari temen yang di Bali sih susah banget, dia terdengar kuwalahan sama ujian B1 ini. Waduh.. gimana guenya nih?? Fuuuh! Jangan panik, jangan panik. I can do it. Dan buat para teman-teman yang lagi mengejar B1, sukses yaaa!! Kita pasti bisa :')

Seandainya pulang dengan muka bahagia. Membawa sertifikat kelulusan bertuliskan "sehr gut". Orangtua pasti seneng baanget. Masuk studkol dan belajar lebih giat lagi disana! Makanya FIGHTING DEA FIGHTING! yang lain juga FIGHTING!!







1 komentar:

Anonim mengatakan...

Gak susah amat kok ujian B1,, postingannya jgn buat org lain pada takut dong.. Gue dah ujian B1 di Vhs Old jerman, gak susah amat.. Tp cuma dapat nilai Gut doang... Krn gak maksimal belajarnya pas dekat dgn waktu ujian... Bersyukur ajaa...:)

Posting Komentar

I do love your comments ^^

 

Die Sonnenaufgang Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review